Selasa, 03 Februari 2015

Cara Menanam Tanaman Bunga Kenanga


kenanga wholesale, bunga kenanga, kenanga flower, kenanga investors berhad, kenanga securities, kenanga research kenanga nasi campur, kenanga boutique hotel
Bunga kenanga
gambar : flickr.com
Buah kenanga yang sering ikut terambil bersama pemetikan bunga, ternyata bisa dibibitkan. Cara itulah yang dilakukan mang Udin Wiraraja, penangkar bibit kenanga di desa Cikalahang, kecamatan Sumber, Cirebon. Berikut ini disajikan cara pembibitan itu.
Tanaman kenanga di Kecamatan Ponggok, Blitar, dan di tempat lain, adalah tanaman pekarangan. Tingginya rata-rata 20 m, dengan diameter batang tak kurang dari 30 cm. Pohon-pohon raksasa ini ditanam dari biji, tak pernah dirawat, tapi tetap saja rajin berbunga.
Tanah dan Iklim
Kenanga bisa hidup di sembarang jenis tanah, asal drainasenya bagus (mudah melewatkan air), serta tidak mengandung lapisan cadas. Sebab akar tanaman ini akan menembus jauh ke dalam tanah. Ketinggian tempat tak boleh lebih dari 500 m dari muka air laut. Lebih bagus lagi kalau ditanam dekat pantai, sebab kenanga sangat menyukai iklim yang lembap dan panas.
Bibit
kenanga berbunga menggantung beraroma harum, cara menanam bunga kenanga, tumbuhan kenanga, akar kenanga
Biji kenanga yang masih muda serta bunga kenanga di pohon
gambar : nudabuffy.blogspot.com
Cara membuat bibit sangat sederhana. Pilih saja buah yang sudah tua benar, yaitu buah yang warna kulitnya hijau tua, sedikit kehitaman, syukur-syukur kalau semua kulitnya malah sudah hitam. Terus masukkan ke dalam karung goni selama kurang lebih lima hari, hingga kulit buah tampak hitam benar, dan bila dipijit akan terasa lunak. Selanjutnya keluarkan biji-biji tersebut, dengan jalan memencet buah yang sudah lunak itu. Biji terus dicuci dengan air sampai bersih, kemudian dikering anginkan selama sehari semalam. Biji kemudian disemaikan dalam besek dari bambu, yang telah diisi tanah, mesti disiram setiap pagi. Satu minggu kemduian, biji biasanya sudah berkecambah. Kecambah dicabut, terus dipindahtanamkan dalam polybag yang telah diisi campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1, serta dasar polybag telah dilubangi. Kemudian bibit dalam polybag ini ditaruh di tempat yang teduh, di bawah pohon atau dibuatkan naungan khusus dan disiram setiap pagi. Kurang lebih enam bulan kemudian, tinggi bibit akan mencapai 30 cm. Bibit ini sudah siap ditanam di lahan kebun.
Penanaman
Penanaman kenanga sebaiknya dilakukan pada awal musim hujan. Tapi lubang tanam sudah harus dibuat satu bulan sebelumnya. Ukuran lubang tanam 60 cm x 60 cm x 60 cm. Jarak tanamnya 8 m x 8 m, sebab tanaman kenanga akan tumbu menjadi pohon besar. Terkecuali kalau akan rajin dipangkas, jarak tanamnya boleh 6 m x 6 m.
Sebelum bibit ditanam, sebaiknya lubang tanam diisi dulu dengan pupuk kandang, cukup dua blek minuak tanah per lubang. Dan jangan lupa melepaskan kantung plastik yang masih membungkus akar bibit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar